Rabu, 30 November 2011

PENERANGAN DALAM RUANGAN

Pengaturan sumber cahaya baik yang berasal dari sinar alam/matahari (natural light), maupun sinar buatan (artificial light) perlu mendapat perhatian. Penerangan alami pada siang hari dan penerangan buatan harus direncanakan sejak awal rancangan sebuah gedung atau bangunan.
Apabila penerangan alami pada siang hari yang masuk melalui jendela di dinding tidak mencukupi untuk menerangi seluruh ruangan, maka perlu ditambahkan penerangan buatan (lampu) untuk mencukupinya. Penerangan buatan juga dapat menggantikan penerangan alami siang hari secara penuh. Sebagaimana dijelaskan Departemen Pekerjaan Umum (1978:37) bahwa fungsi penerangan buatan didalam gedung, baik diterapkan secara tersendiri maupun dalam kombinasi dengan penerangan alami siang hari adalah :

1. Menciptakan lingkungan yang memungkinkan penghuni-penghuninya melihat detail-detail dari tugas dan kegiatan visual secara mudah dan tepat.
2. Memungkinkan penghuni-penghuni berjalan dan bergerak secara mudah dan aman.
3. Menciptakan lingkungan visual yang nyaman dan berpengaruh baik kepada prestasi.

Faktor yang sangat mempengaruhi taraf kenyamanan visual adalah ada atau kurang adanya kontras yang menyolok. Jika dalam ruangan pandangan itu terdapat bagian-bagian yang sangat kontras terhadap intensitas penerangan (iluminasi) rata-rata, timbulah ketidaknyamanan dan pengurangan dalam kemampuan melihat. Maka kontras yang tinggi perlu ditanggulangi dengan jalan menambah iluminasi bagian yang relative gelap atau mengurangi bagian yang terang atau kedua-duanya.
Pengaturan cahaya yang berasal dari sinar matahari (alam) merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh orang yang berprofesi dibidang arsitektur, sedangkan pengaturan cahaya dari sinar buatan dihadapkan kepada orang yang berprofesi baik arsitektur maupun dibidang kelistrikan.
Uraian berikut menyinggung masalah teknik penerangan yang berasal dari sinar buatan. Dimana dibahas mulai dari satuan teknik penerangan, hukum-hukum penerangan, sampai kepada hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan penerangan untuk bermacam-macam ruangan di dalam gedung.

Satuan-satuan Teknik Penerangan
untuk satuan satuan teknik penerangan silahkan download disini



Tautan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar