Rabu, 30 November 2011

PENERANGAN OLAHRAGA

Penyelenggaraan penerangan untuk keperluan ruangan atau lapangan olahraga adalah dengan maksud agar pemain dapat melakukan tugas-tugas penglihatan mereka dalam melaksanakan kegiatan permainan (olahraga). Dalam menentukan intensitas penerangan untuk keperluan ini dihitung berdasarkan keperluan pemain pada bidang kerja permainan. Bidang kerja tersebut tergantung dari pada jenis permainan (olahraga) yang dilakukan dan biasanya dikelompok-kan menjadi dua bagian :


1. Bidang Horizontal ; permukaan tempat permainan misalnya untuk billiard, bowling, tenis meja dan lain-lain.
2. Bidang Horizontal Semu; yaitu kira-kira 1 meter di atas lantai atau ground. Ini berlaku untuk olahraga yang bersifat arcial misalnya tenis, badminton, bola kaki, volly ball dan lain-lain.

Seperti kebutuhan penerangan lainnya disamping jumlah cahaya, juga perlu diperhatikan kualitas penerangan. Kualitas penerangan ditinjau dari segi efektifitas penerangan seperti efek silau, keseragaman penerangan dan arah pancaran cahaya. Untuk itu perlu diperhatikan sudut penyebaran arah cahaya yang baik, tinggi lokasi serta jumlah sumber cahaya yang cocok.
Dalam mendesain penerangan untuk olahraga, perlu pertimbangan yang cermat sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan bagi ketiga kelompok peninjau yaitu ; pemain, official dan penonton. Penerangan lapangan untuk tiap-tiap jenis olahraga serta untuk pemain dan official juga berbeda. Disamping itu variasi penerangan sekeliling dan dalam lapangan akan berbeda pada masing-masing olahraga.
Penerangan di luar ruangan selama siang hari diberikan cahaya alami. Sedangkan untuk olahraga di dalam ruangan diberikan sistem penerangan tak langsung dengan melalui refleksi langit-langit, dinding dan lantai untuk memberikan intensitas penerangan yang baik pada objek (bola). Untuk memperbaiki kondisi agar tidak kontras diberi cahaya tambahan atau cahaya langsung.
Disain penerangan olahraga di dalam gedung sama dengan desain penerangan di dalam ruangan untuk kebutuhan penerangan lainnya. Sedangkan masalah desain olahraga diluar gedung lebih rumit. Letak dan ketinggian sumber cahaya akan memberikan sumber kepuasan untuk melihat objek yang tepat tanpa efek kesilauan. Bentuk dan permukaan objek olahraga harus diperhatikan karena berpengaruh kepada orang yang melihatnya dan merupakan faktor penting dalam menetapkan letak dan tinggi penerangan yang memuaskan.

A. Standard Iluminasi

Penerangan pada suatu bidang kerja haruslah diusahakan cukup dan memadai untuk kebutuhan psikologi, disamping mampu menciptakan suasana yang diinginkan. Skala ukuran itu sendiri tergantung pada :

1. Sifat atau klasifikasi tempat (baik gedung maupun ruangan) dimana suatu pekerjaan dilakukan.
2. Jenis dan sifat pekerjaan yang dilakukan.
3. Lamanya waktu dari pekerjaan yang dilakukan.

Berdasarkan hal tersebut di atas, orang mencoba menentukan berapa kuat penerangan yang sesuai dengan berbagai keperluan olahraga. Penerangan olahraga mempunyai dua standar yaitu standar olahraga untuk rekreasi dan latihan serta untuk pertandingan. Standar penerangan olahraga baik di dalam (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor) ditetapkan oleh Phillips (1986:172) adalah :

Tabel Standar Penerangan Olahraga


Keseragaman cahaya dimaksudkan untuk melihat kontrasnya penerangan di atas lapangan. Perbandingan keseragaman diperoleh dengan membandingkan antara iluminasi (E) minimum dibagi dengan iluminasi rata-rata di atas lapangan. Perbandingan penerangan untuk latihan diizinkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan perbandingan pada saat pertandingan. Sebab pada saat pertandingan penerangan lampu sebaiknya harus lebih merata dan tinggi.
Standar penerangan di atas sering bertambah tinggi, apabila pertan-dingan tersebut direkam dan disiarkan oleh televisi, karena rekaman yang baik memerlukan iluminasi yang tinggi.


klik disini untuk download tentang penerangan olagraga selengkapnya





3 komentar:

  1. minta judul buku sumbernya yang memuat Tabel Standar Penerangan Olahraga. terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimasih udah mau mampir gan.
      postingan ini saya tulis kembali dari catatan kuliah saya gan, dosen saya memberikan bahannya dulu gan , jadi maaf saya juga tidak tau buku sumbernya ga.. :)

      Hapus
  2. permisi.. kalau saya boleh tau judul buku philips yang dipakai di materi ini apa ya?

    BalasHapus