Sabtu, 12 April 2014

MENGATASI GANGGUAN JARINGAN DISTRIBUSI

Mengatasi gangguan dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeliharaan Sistem pemeliharaan merupakan suatu kegiatan yang meliputi pekerjaan pemeriksaan, pencegahan, perbaikan, dan penggantian peralatan pada sistem distribusi yang dilakukan secara ter-jadwal ataupun tanpa jadwal.
Sistem pemeliharaan ini dilakukan untuk meningkatkan mutu dan keandalan pada sistem distribusi dalam distribusi dalam rangka mengurangi kerusakan peralatan yang sifatnya mendadak, menurunkan biaya pemeliharaan dan mendapatkan simpati serta kepuasan pelanggan dalam pelayanan tenaga listrik. Dalam melaksanakan pemeliharaan yang baik, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut :


1. Sistem harus direncanakan dengan bak dan benar, memakai bahan atau peralatan yang berkualitas baik sesuai dengan standar yang berlaku. 
2.Sistem distribusi yang baru dibangun harus diperiksa secara teliti, apabila terdapat kerusakan kecil segera diperbaiki pada saat itu juga. 
3.      Petugas pemeliharaan harus terlatih dengan baik. 
4.Mempunyai peralatan kerja yang memadai untuk melaksanakan pemeliharaan dalam keadaan tidak bertegangan  maupun dalam keadaan bertegangan. 
5. Mempunyai buku/brosur peralatan pabrik pembuat peralatan tersebut yang harus dimiliki oleh petugas saat melaksanakan pemeliharaan. 
6. Jadwal yang telah di buat sebaiknya dibahas ulang untuk melihat kemungkinan penyempurnaan dalam pelaksana pekerjaan pemeliharaan. 
Macam-macam Pemeliharaan 
Sistem pemeliharaan yang dilaksanakan pada feeder cadnas ini terdiri dari atas 3 bagian yakni : 
a. Pemeliharaan rutin (terjadwal) 
Dalam pelaksanaan pemeliharaan rutin ini terdiri dari dua kategori pekerjaan yaitu: 
1)      Pemeliharaan service, pemeliharaan dengan jangka waktu pendek meliputi pekerjaan ringan atau kecil misalnya : membersihkan komponen yang ada didalam gardu dan pekarangan gardu distribusi. 
2)      Pemeliharaan inspeksi, pemeliharaan dengan jangka waktu panjang meliputi pekerjaan pengukuran, penyetelan, perbaikan dan penggantian peralatan dan bagian-bagian dari sistem distribusi 
b. Pemeliharaan korektif 
Pemeliharaan korektif merupakan pekerjaan pemeliharaan dengan maksud untuk untuk memperbaiki kerusakan dan perbaikan penyempurnaan. Arti dari perbaikan kerusakan adalah usaha untuk memperbaiki kerusakan hingga kembali pada kondisi / kapasitas semula. Contoh : 
1)      Perbaikan JTM yang meledak     
2)      Penggantian bushing Transformator distribusi 
3)      Penggantian tiang JTM yang tertabrak mobil
Sedangkan arti perbaikan atau penyempurnaan adalah pekerjaan, usaha untuk meningkatkan atau penyempurnaan jaringan dengan cara mengganti atau mengubah jaringan agar dicapai daya guna yang lebih baik dengan tidak mengubah kapasitas semula
Contoh : 
1)      Rehabilitasi gardu distribusi 
2)      Rehabilitasi JTM 
3)      Rehabilitasi JTR 

c. Pemeliharaan emergency (tanpa jadwal) 
Pemeliharaan ini sifatnya mendadak, tidak terencana dan pemeliharaan ini terjadi akibat gangguan / kerusakan dan hal-hal lain diluar kemampuan kita, sehingga perlu diadakan pemeriksaan, perbaikan atau penggantian peralatan, tetapi masih dalam jangka waktu pemeliharaan.
Adapun jadwal pemeliharaan pada feeder ulak karang berdasarkan kurun waktu yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan umur dari peralatan yang akan dipelihara adalah sebagai berikut : 
1)      Pemeliharaan bulanan 
2)      Pemeliharaan semesteran 
3)      Pemeliharaan tahunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar