Selasa, 06 Desember 2011

KONSEP DASAR EVALUASI PENDIDIKAN

KONSEP DASAR EVALUASI

a. Pengertian
istilah evaluasi berasal dari bahasa inggris yaitu “evaluation” istilah iniditerjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah “penilaian”. Penilaian merupakan suatu pekerjaan yang selalu dilakukan oleh manusia didalam kehidupan nya. Berdasarkan ilustrasi dan dikemukakan tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa sebelum mengambil keputusan perlu dilakukan beberapa kegiatan terlebih dahulu. Kegiatan itu diantaranya:membandingkan diantara suatu objek dengan suatu kriteria ukuran tertentu,baru kemudian setelah objek tersebut dibandingkan maka dibuat suatu keputusan.

Suharsumi arikunto (1986;3) mengatakan evaluasi meliputi dua bagian yaitu mengukur dan menilai. Mengukur dadalah membandingkan suatu dengan satu ukuran,pengukuaran bersifat kuantitatif,dan penilaian yaitu mengambil keputusan terhadap suatu dengan ukuran baik buruk,kualitatif.
.

b. Kedudukan evaluasi dalam pendidikan
Pelaksanaan kegiatan pendidikan sangat memerlukan ada nya kegiatan evaluasi. Kegiatan evaluasi itu digunakan pada setiap komponen yang ada dalam proses pendidikan tersebut,maka terlebih dahulu dibahas bagaimana proses pendidikan itu dilaksanakan.
Pendidikan yang terlaksana secara formal di lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia merupakan suatu system atau leih dikenal dengan system trans-pormasi pendidikan,yang dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terorganisir yang terdiri dari atas sejumlah komponen yang saling berkaitan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.
a. Syarat – syarat umum evaluasi
Dalam melakukan kegiatan evaluasi kita perlu memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh semua alat ukur(instrument).
Syarat-syarat tersebut adalah:

1. Kesahihan (validitas)
2. Keterandalan (raliabilitas)
3. Kepraktisan (praktikabilitas)
4. Objektif (objektivitas)


Evaluasi pembelajaran
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan jasa,nilai atau manfaat kegiatan pembelajarn melalui kegiatan penilaian dan pengukura.

a. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran
Ada beberapa fungsi dan tujuan dari evaluasi pembelajaran yaitu nya:
1. Untuk pengembangan
Dalam hal evalusi pembelajaran berfungsi dan bertujuan untuk pengembangan pembelajaran,maka evaluasi pembelajaran sedang pembelajaran sedang menjalankan fungsi otomatis.fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan pembelajaran dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran.


2. Untuk akreditasi
Akreditasi dapat diartikan sebagai suatu proses dengan mana suatu program atau institusi (lembaga) diakui sebagai badan yang sesuai dengan beberapa standar yang telah di setujui (scravia B. Anderson dalm ari kunto,1990-86,). Akreditasi diputuskan atau ditetap kan setelah dilaksanakan evaluasi terlebih dahulu terhadap lembaga pendidikan,baik TK,SD,SLTP,dan SLTA swasta maupun perguruan tinggi swasta. Ada berbagai aspek yang dinilai dalam/komponen yang dinilai adalah pembelajaran. Dengan demikian ufngsi dan tujuan evaluasi hasil belajar untuk akreditasi dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar akreditasi lembaga pendidan.
klik disini untuk lebih lengkap
download juga masalah - masalah dalam belajar disini
dan sumber sumber belajar disini
klik skip atau lewati untuk download.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar