Rabu, 07 Desember 2011

SISTEM PENDIDIKAN

A. Pendidikan Sebagai Sistem
Pendekatan system dalam pendidkan dalam pendidikan dimaksudkan untuk memaksiamlkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Sistem adalah suatu totalitas yang terbentuk dari elemen-elemen yang mempunyai hubungan fungsional dalam mengubah masukan menjadi hasil yang diharapkan. Hubungan fungsional dari setiap elemen menyebabkan setiap sistem berjalan serta bersifat adaptif terhadap lingkungannya sesuai dengan arah yang jelas dan berkesinambungan yang disebut supra sistem.
Pendidikan adalah satu keseluruhan kerja manusia yang terbentuk dari bagian bagian yang mempunyai hubungan fungsional dalam membantu terjadinya proses transformasi atau perubahan tingkah laku seorang sehingga menjadi manusia yang berkualitas,dengan demikian pendidikan nasional suatu bangsa , merupakan sistem sosial dan salah satu sektor dalam keseluruhan kehidupan bangsa.
Sebagai sistem sosial, pendidkan merupakan sistem terbuka yang oleh Katz dan Kan dibataskan sebagai sistem yang memperoleh masukan dari lingkungan dan memberikan hasil trnsformasinya kepada lingkungan.
Ciri-ciri umum sistem terbuka yaitu
1. mengambil energi (masukan) dari lingkungan.
2. mentransformasikan energi yang tersedia.
3. memberikan hasil kepada lingkungan .
4. sistem merupakan rangkaian peristiwa atau kejadian yang terus berlangsung.
5. untuk dapat hidup terus, sistem harus bergerak melawan proses entropi/kehancuran.
6. masukan sistem tidak hanya hal hal yang bersifat material tetapi juga berupa informasi yang pengambialnnya bersifat selektif dan balikannya merupakan balikan negatif.
7. dalam sistem terdapat dalam keadaan statis dan keseimbangan intern (omaestatis) yang dinamis.
8. sistem bergerak menuju kepada melakukan peranan-peranan yang makin berdiferensiasi.
9. sistem dapat mencapai keadaan akhir yang sama dengan kondisi awal yangberbeda denga cara –cara pencapaian yang tidak sama.
Segala sesuatu yang masuk dalam sistem dan berperan dalam proses pendidikan disebut masukkan pendidikan. Lingkungan hidup menjadi sumber masukan pendidikan. P. H. Coombs dan W. J. Platt mengemukakan tiga macam sumber masukkan pendidikan yang terdiri atas:
1. Pengetahuan, nilai-nilai dan cita-cita yang terdapat dalam masyarakat
2. Sumber daya manusia yang memenuhi persyaratan
3. Hasil produksi dan penghasilan
Namun tidak semua yang terdapat dalam lingkungan dapat menjadi massukkan pendidikan melainkan pengambilan masukkan pendidikan melalui proses pemilihan yang berdasarkan pada kriteria tertentu.
B. Sistem Pendidikan Nasional
Sistem Pendidikan Nasional merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional diantara bidang kehidupan lainnya seperti ideologi, politik, hukum, ekonomi dan pertahanan keamanan nasional. Untuk mewujudkan pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional. Pendidikan nasional perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan pendidikan nasional sebagai suatu sistem.
Konsep-konsep tentang pendidikan nasional indonesia yaitu :
1. Pembangunan nasional merupakan supra sistem atau lingkungan dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan mewujudkan masyarakat pancasila
2. Sistem pendidikan nasional merupakan salah satu bagian/sistem dari pembangunan nasional yang ada bersama-sama dengan sistem kehidupan lainnya dan mempunyai peranan sentral dalam pencapaian tujuan pembangunan.
3. Pendidikan nasional merupakan usaha sadar untuk membangun masyarakat Pancasila.
4. Sumber masukkan sistem pendidikan nasional indonesia adalah masyarakat dengan ciri-ciri sebagai berikut:
a. Lahir melalui perjuangan kemerdekaan melawan penjajah
b. Negara hukum berdasarkan pancasila dan undang undang dasar 1945
c. majemuk dalam suku, agama, budaya, sosial ekonomi dan sebagainya yang masih belum mantap terpadu.
d. Sedang berkembang menghadapi keterbelakangan, kebodohan, kemiskinan dan instituisi baru yang belum mantap
5. Proses yang diharapkan terjadi dalam sistem pendidikan nasional indonesia dewasa ini adalah proses sosialisasi
6. Hasil yang diharapkan dari sistem pendidkan nasional Indonesia dewasa ini adalah manusia indonesia yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, cerdas dan terampil, tinggi budi pekertinya, kuat kepribadiannya, tebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, sehingga tumbuh menjadi manusia pembangunan pancasila.
download sistem pendidikan pdf
klik skip atau lewati untuk download




Tidak ada komentar:

Posting Komentar